KARAWITAN : ANALISIS PATHET DAN JALAN SAJIAN GARAP GENDING PAKELIRAN

Sigit Setiawan

Abstract


Hal yang ingin diungkap pada penelitian ini adalah, bentuk gending, jalan sajian, dan studi pathet dalam gending Krawitan. Krawitan merupakan gending yang lebih dikenal oleh masyarakat karawitan sebagai gending pakeliran. Maka, naskah ini fokus pada jalan sajian guna keperluan pakeliran. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teori garap Rahayu Supanggah, pendekatan kontekstual dan tekstual dalam antropologi pandangan Ahimsa Putra, yang mana pada kajian tekstual mendapat perhatian yang lebih besar. Kajian tekstual yang dihadirkan adalah kajian bentuk gending, jalan sajian, dan studi pathet. Jalan sajian dianalisis dengan menggunakan tiga contoh kasus yakni, versi Media Ajar, versi RRI dan versi Nartosabda. Sedangkan studi pathet menggunakan pendekatann pathet melalui biang pathet karya Sri Hastanto. Dari hasil analisis yang dilakukan, investigasi bentuk gending berhasil memetakan posisi ketawang gending kethuk 4 kerep yang merupakan pemekaran dari ketawang gending kethuk 2 kerep dan diawali dari bentuk ketawang. Jalan sajian, termasuk di dalam dinamika irama pada garap pakeliran ada dua versi yakni versi dari ayak-ayak dan versi buka rebab. Hal tersebut berdampak pada perjalanan Gending Krawitan. Terakhir, investigasi terkait pathet, membuktikan bahwa meski Gending Krawitan ini merupakan gending dengan pathet induk nem, tetapi pada faktanya gending ini terdiri dari frasa-frasa melodi yang tidak hanya pathet nem.

 


Keywords


Krawitan, Pathet, Garap, Karawitan

Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2000. “Ketika Orang Jawa Nyeni.” In . Yogyakarta: Galang Press.

Asmoro, Purbo. 2013. Raja Suya : Teks Pagelaran Ringgit Purwa Wacucal Tigang Gagrak. Jakarta: Lontar Fondation.

Emerson, Kathryn Anne Emerson. 2017. Pembaharuan Wayang Untuk Penonton Terkini : Gaya Pakeliran Garap Semalam Sajian Dramatik Ki Purbo Asmoro 1989 – 2017. Surakarta: ISI Press.

Hanifah, Listi, Rahayu, Irma Apriliyani, Rinata, Septian. 2019. “Bentuk Istilah-Istilah Upacara Panggih Pernikahan Adat Jawa : Kajian Etnolinguistik.” LITE 15 (2).

Hastanto, Sri. 2009. Konsep Pathet Dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press.

Junaidi, Sugiarto, Asal. 2018. “Hubungan Wayang Dan Gending Dalam Pakeliran Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta.” Wayang Nusantara: Journal of Puppetry 2 (1): 19–27.

Martopangrawit. 1975. Pengetahuan Karawitan I Dan II. Surakarta: ASKI Surakarta.

Mloyowidodo. 1977. Gending-Gending Jawa Gaya Surakarta Jilid I, II, III. Surakarta: ASKI Surakarta.

Nayawirangka. 1960. Serat Pedalangan Lampahan Irawan Rabi, Jilid I. Surakarta: Djawatan Kebudajaan Kementrian P.P. dan K.

Nyoman Kutha, Ratna. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reno, Wikandaru, Lasiyo, Sayuti, Suminto A. 2019. “Ontologi Pathet : Kajian Kritis Terhadap Pathet Sebagai Representasi Norma Ontologis Transedental Dalam Pergelaran Wayang.” Filsafat 29 (2).

Rustopo. 2014. Perkembangan Gending-Gending Gaya Surakarta 1950-2000-An. Surakarta: ISI Press.

Setiawan, Sigit. 2015. “Konsep Kendangan Pematut Karawitan Jawa Gaya Surakarta.” Surakarta: Tesis Program Studi Pengkajian Seni Minat Musik ISI Surakarta.

Soetarno, Soetarno. 2011. “Gaya Pedalangan Wayang Kulit Purwa Jawa Serta Perubahannya.” Mudra 26 (1): 1–16.

Sudarko. 2010. “Perbandingan Struktur Adegan Pakeliran Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta Dan Yogyakarta.” Gelar : Jurnal Seni Budaya 8 (1).

Sukamso. 2015. “Konvensi-Konvensi Dalam Pementasan Karawitan Klenengan Tradisi Gaya Surakarta.” Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang" Bunyi" 15 (1): 49–59.

Sumarsam. 2018. “Memaknai Wayang Dan Gamelan.” In . Yogyakarta: Gading.

Supanggah, Rahayu. 2006. Garap: Salah Satu Konsep Pendekatan/Kajian Musik Nusantara,” Dalam Menimbang Pendekatan: Pengkajian Dan Penciptaan Musik Nusantara. Edited by Waridi. Surakarta: STSI Press.

———. 2007. Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press.

Suparto. 2021. “Tembang Macapat Sebagai Sumber Ide Gending-Gending Karya Ki Nartosabdo.” Selonding 1 (1).

Waridi. 2001. Martopangrawit Empu Karawitan Gaya Surakarta. Yogyakarta: Mahavhira.




DOI: https://doi.org/10.33153/keteg.v21i1.3740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran dan Kajian Tentang Bunyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran, dan Kajian Tentang Bunyi.

ISSN 1412-2064
Published by Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta)
W: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/keteg
E: keteg@isi-ska.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0