PEMBIASAAN POLA DAN PERILAKU BERPIKIR POSITIF PESERTA PELATIHAN KARAWITAN DI KOMUNITAS TERAS BUDAYA
-
DOI:
https://doi.org/10.33153/keteg.v23i2.5971Abstract
Potensi seni yang dimiliki seorang anak kerap kali tidak disadari oleh orang sekitar bahkan dirinya sendiri, sehingga potensi yang ada tidak dapat diasah atau dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Kecenderungan ini membuat anak-anak menutup diri atas potensi seni yang dimilikinya. Melalui seni dapat mengajarkan kebiasaan baik dan bermanfaat untuk menciptakn kualitas sumber daya manusia yang unggul di masyarakat.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengaarkan perilaku dan cara berpikir yang baik kepada generasi muda melalui media seni karawitan Metode: Teknik pengambilan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik studi dokumen dengan menggabungkan pendekatan Psikologi yang mematangkan konsep pelatihan secara sistematis. Langkah yang digunakan untuk mencapai tujuan program ini adalah mengurai roadmap kegiatan, identifkasi potensi, masalah dan kebutuhan masyarakat Mojoroto, membentuk rencana intervensi melalui pendampingan dan pelatihan seni, studi banding, upaya pembentukan sanggar di Mojoroto.. Simpulan: Pemikiran dan perilaku positif pada anak-anak dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan kualitas hidup mereka secara keseluruhan di Mojoroto. Dengan berfokus pada pemikiran dan perilaku positif, anak-anak dapat lebih memahami dan beradaptasi dengan situasi yang mereka pelajari, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik dan kesuksesan hidup mereka secara keseluruhan.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran dan Kajian Tentang Bunyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.