GENDING-GENDING TAYUB GAYA GROBOGAN: STUDI KASUS KELOMPOK KARAWITAN MADYO LARAS

Sendang Ayu Puspasari, Djoko Purwanto

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada garap gending Tayub Gaya Grobogan khususnya yang disajikan oleh
kelompok karawitan Madyo Laras. Permasalahan yang dibahas adalah mengenai perkembangan dan
garap musikal repertoar gending Tayub Grobogan kelompok karawitan Madyo Laras. Gending yang
disajikan oleh kelompok karawitan Madyo Laras adalah berbentuk lancaran, ketawang, ladrang, dan
langgam, sedangkan gending kethuk kalih kerep jarang digunakan. Terdapat tiga pola jengglengan dan
pada setiap sajian Tayub terdiri dari dua gending yang disajikan berurutan biasa disebut walik gending.
Saat ini kelompok karawitan Madyo Laras lebih banyak menyajikan gending Tayub yang disusun
oleh para pengrawit setempat, misalnya nonton Tayub, bakul sayur, dhaster jingga dan sebagainya. Dalam
penyajiannya, terdapat dua jenis garap Tayub yaitu alus dan gecul. Selain itu, ada juga garap khusus
untuk bentuk gending-gending tertentu. Kekhasan dari garap Tayub Grobogan adalah pada garap
instrumen yaitu kendhang, irama, dan laya, dan garap-garap lain seperti bonang, balungan, ricikan
struktural.
Kata kunci: perkembangan, garap, gending, tayub.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33153/keteg.v16i1.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Keteg



Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran, dan Kajian Tentang Bunyi.

ISSN 1412-2064
Published by Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta)
W: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/keteg
E: keteg@isi-ska.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0